Model Bisnis yang Efektif, Kunci Kesuksesan Usaha

Designed by Freepik

Apa itu model bisnis? Seberapa penting keberadaan model bisnis terhadap kesuksesan usaha?Nah, bagi yang penasaran, pada kesempatan ini Tebi akan berbagi insight mengenai apa yang dimaksud dengan model bisnis.

Model bisnis adalah sebuah rancangan mengenai bagaimana suatu usaha dapat menghasilkan pendapatan (penjualan) dan keuntungan yang diidam-idamkan.

Meski pengertian model bisnis terlihat sangat sederhana, namun dalam praktiknya membuat suatu model bisnis tentu tidaklah mudah. Apalagi jika anda ingin membuat model bisnis unik yang belum ada sebelumnya.

Mendesain Model Bisnis

Membuat model bisnis memerlukan wawasan, pengalaman, dan kreatifitas yang tinggi. Michael Lewis, seorang penulis buku keuangan,  mendefinisikan model bisnis sebagai sebuah “seni”.

Dalam bukunya yang berjudul The New, New Thing: A Silicon Valley Story, Michael Lewis menuliskan bahwa seni adalah hal yang dapat dikenali dengan mudah jika sudah berbentuk suatu karya, namun tidak banyak yang dapat benar-benar menafsirkannya.

Begitu juga dengan model bisnis. Kita dapat dengan mudah memahami konsep model bisnis yang sudah ada (sudah ditemukan orang), namun pada saat mengadopsinya untuk usaha kita sendiri, tentunya tidak semudah itu.

Model Bisnis Yang Unik

Dewasa ini, kita sudah melihat bahwa model bisnis umum yang diterapkan oleh pengusaha-pengusaha sudah sangat banyak. Direct selling, franchising, dropshipping, renting, dan masih banyak lagi model bisnis yang sudah umum digunakan.

Setelah mengetahui beberapa jenis model bisnis, anda pasti ingin langsung mencarinya di google untuk menjadi inspirasi model bisnis usaha anda. Banyak sekali artikel-artikel yang membahas tentang jenis-jenis model bisnis.

Namun, ada yang perlu anda ketahui. Konsep-konsep model bisnis yang anda temukan melalui google biasanya hanya merupakan gambaran umumnya saja.

Padahal, dua perusahaan dengan model bisnis yang sama, bisa jadi tetap memiliki perbedaan dalam banyak sekali hal teknis untuk memperoleh pendapatan dan keuntungan.

Belajar Model Bisnis Gillette

Sebagai contoh, perusahaan gillette yang menggunakan model bisnis untuk menjual produk-produk yang menunjang “kerapihan” wajah pria.

Apakah model bisnis dari gillette hanya sesimpel “menjual produk kerapihan wajah pria” saja? Tentunya tidak, banyak sekali hal teknis dalam model bisnisnya yang dapat digali.

Sebagai contoh, gillette tidak segan-segan untuk menjual produk pisau cukurnya seharga biaya untuk membuatnya (harga pokok penjualannya).

Ini berarti, keuntungan gillette saat menjual produk pisau cukurnya adalah nol, karena harga jual pisau cukur sama dengan biaya yang dikeluarkan gillette untuk membuat pisau cukur.

Lalu, dimana letak keuntungan gillette? Apakah gillette salah dalam merumuskan model bisnisnya? Tentu tidak.

Justru, hal tersebut terjadi karena memang itulah model bisnis yang dipilih gillette untuk dapat memberikan keuntungan maksimal.

Karena bagi gillette, keuntungan utama dari bisnisnya bukan dari penjualan alat cukur, namun didapat dari penjualan produk refill untuk alat cukur (pisau silet pengganti).

Nah, contoh dari gillette tersebut menjadi bukti bahwa model bisnis tidak mesti selalu mainstream. Terkadang, model bisnis yang unik dan tidak terpikirkan oleh orang adalah yang paling menguntungkan.

Bagaimana? Apakah anda mendapatkan inspirasi untuk mengubah/memperbaiki model bisnis usaha anda?

Itulah hal yang bisa Tebi bagikan pada kesempatan ini. Jika anda ingin mendapatkan insight terkait akuntansi, keuangan, ekonomi, dan bisnis ikuti terus artikel Tebi ini ya! Semoga bermanfaat

Related Posts

Tinggalkan komentar