Menjual Produk Untuk Semua Kalangan, Benarkah?

Designed by Freepik

Dalam dunia usaha, globalisasi menawarkan banyak sekali kemudahan. Menyasar pasar lintas pulau, lintas negara, bahkan lintas benua bukan lagi merupakan fasilitas eksklusif pengusaha-pengusaha besar.

Sekarang, pengusaha kecil dan menengah juga memiliki peluang yang sangat besar untuk merambah pasar yang sebelumnya tidak terjangkau.

Hal ini karena globalisasi membawa perkembangan teknologi ke tingkat yang tidak terpikirkan sebelumnya, membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah dan murah.

Sebagai contoh, adanya mesin pencarian pintar google, serta dukungan dari sosial media seperti facebook, twitter, dan instagram membantu mempertemukan para penjual dengan para calon pembeli tanpa mengenal batasan waktu dan wilayah.

Designed by Freepik

Menjual Produk Untuk Semua Kalangan, Benarkah?

Kemudahan yang ditawarkan globalisasi terkadang disalahartikan oleh beberapa pengusaha sebagai kesempatan untuk “menjual produk ke semua kalangan”. Faktanya, setiap pengusaha harus memilki target pasar yang spesifik.

Dengan memiliki target pasar yang spesifik dan terdefinisi dengan jelas, pengusaha dapat menyuguhkan produk-produk yang sesuai dengan permintaan target pasarnya.

Lebih dari itu, jika ada perubahan yang terjadi dari sisi konsumen seperti perubahan pola hidup, gaya hidup, maupun selera, pengusaha dapat lebih mudah dan cepat dalam merespon perubahan tersebut.

Designed by Freepik

Target Pasar dan Strategi Pemasaran

Dapat dikatakan bahwa menentukan target pasar adalah garis start untuk memulai suatu perencanaan pemasaran. Tanpa adanya pengetahuan mengenai target pasar yang disasar, hampir mustahil pengusaha dapat menentukan strategi pemasarannya. Jika target pasar yang ditentukan berbeda, maka strategi pemasarannya juga akan berbeda.

Hal ini dapat terlihat jelas dengan melihat perbedaan strategi pemasaran yang dilakukan oleh iPhone dan Xiaomi, Sushi Tei dan Ichiban Sushi, atau Starbucks dan Coffee Toffee.

Perbedaan tampilan, impresi, jenis produk, dan harga produk dari contoh-contoh di atas terjadi karena target pasar mereka berbeda sehingga strategi pemasaran yang mereka lakukan juga berbeda.

Designed by Freepik

Bagaimana Jika Ada Orang Di Luar Target Pasar Yang Membeli Produk Kita?

Mengetahui dan mendefinisikan target pasar dilakukan agar kita bisa melakukan strategi pemasaran yang terarah dan sistematis.

Pemilihan target pasar biasanya didasari oleh asumsi atau analisis kita terhadap pihak/kalangan yang menurut kita memiliki potensi besar untuk membeli produk kita.

Jadi, jika ada pihak di luar target pasar membeli produk kita, dapat dipastikan bahwa jumlahnya sangat sedikit. Jika ternyata pembeli produk kita malah didominasi oleh orang-orang di luar target pasar yang telah kita tentukan, bisa jadi hal tersebut adalah indikasi bahwa kita salah dalam mendefinisikan target pasar.

Kurang lebih itulah insight yang bisa Tebi bagikan dalam artikel ini. Bagi yang ingin terus menggali pengetahuan dan wawasan mengenai keuangan, bisnis, dan ekonomi ikuti terus artikel Tebi, ya! Semoga bermanfaat.

Related Posts

Tinggalkan komentar