Fakta-Fakta Unik Mengenai Generasi Millennial

Sumber: Freepik

Generasi millennial (atau biasa disebut Gen Y), adalah orang-orang yang lahir tahun 1980-1990an. Dari sini, kita bisa simpulkan bahwa di tahun 2018 ini, generasi millennial sudah tersebar di banyak strata seperti orangtua muda, fresh graduate, dan anak kuliahan.

Hal ini membuat mempelajari karakteristik generasi millennial menjadi begitu penting, khususnya bagi para pebisnis yang menargetkan generasi millennial sebagai  konsumennya. Berikut ini fakta-fakta unik mengenai generasi millennial yang harus anda ketahui.

Tidak Bisa Berpisah Dengan HP

Sumber: Freepik

Berdasarkan eternitywebdev.com, millennial menghabiskan lebih dari 85% waktunya setiap hari untuk berkutat dengan Handphone mereka. Hal ini sebenarnya mengonfirmasi peluang bisnis online, terutama yang dapat dijamah/diakses dengan menggunakan telepon genggam.

Tidak Terlalu Suka Menonton Secara Live

Sumber: Freepik

Nonton bioskop dan nonton konser adalah untuk anak muda? Coba kita pikir-pikir kembali. Berdasarkan survey yang dilakukan, generasi sebelum millennial (generasi X) justru cenderung lebih suka menonton secara live dibandingkan dengan generasi millennial.

Hal ini dikonfirmasi dengan besarnya produk-produk Netflix dan Spotify yang membuat pelanggannya dapat menonton film dan mendengarkan musik dari HP atau komputernya.

Generasi Yang Peduli Lingkungan

Sumber: Freepik

Sebuah penelitian skala besar yang melibatkan lebih dari 20.000 orang millennial dari 181 negara berbeda berhasil menemukan bahwa generasi millennial sangat cinta dan peduli dengan lingkungan, setidaknya jika dibandingkan dengan generasi terdahulu.

Hal ini memengaruhi beberapa aktivitas mereka seperti melakukan sesuatu secara paperless (tidak memakai kertas), berkendara sepeda ke kantor/sekolah, menghemat listrik dan air, sampai membeli barang-barang yang berlabel green product.

Ingin Membuat Perubahan Positif

Sumber: Freepik

Dilansir dari bestlifeonline.com, 84% millennials ingin membuat perubahan untuk lingkungan sekitar dan dunia. Kita lihat banyak sekali perusahaan startup baru yang didirikan. Masing-masing dari perusahaan tersebut memiliki misi untuk berkontribusi kepada masyarakat.

Terdidik Dengan Baik

Sumber: Freepik

Dilansir dari bestlifeonline.com, Millennial memiliki persentase sarjana yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Hal ini membuat millennial relatif lebih kritis dan berwawasan.

Sebagai konsumen, mereka cenderung lebih “pemilih” dan benar-benar membandingkan beberapa alternatif sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu. Ini menjadi tantangan bagi para pengusaha untuk selalu memberikan yang terbaik bagi pelanggannya.

Lebih Condong ke Kualitas Dibandingkan Kuantitas

Sumber: Freepik

Banyak orang dalam generasi millennial yang lebih suka bekerja di tempat yang nyaman dengan gaji lebih rendah dibandingkan dengan tempat kerja dengan gaji tinggi namun tidak memberikan kenyamanan.

Untuk itu para pebisnis harus bisa menyesuaikan dengan keinginan generasi millennial. Untuk mengelola karyawan misalnya, tidak cukup hanya dengan gaji tinggi saja tapi juga dengan memberikan mereka kenyamanan dan rasa memiliki di tempat kerja.

Selain itu untuk pelanggan, anda tidak bisa hanya menawarkan harga murah saja tapi berikanlah pula pelayanan yang terbaik bagi pelanggan anda.

Related Posts

Tinggalkan komentar