5 Tips Menjadi Pengusaha Sukses Ala Ibu Rumah Tangga

Designed by Freepik

Siapa bilang menjadi ibu rumah tangga menghambat anda untuk berbisnis? Jika anda masih berpikiran seperti itu nampaknya anda harus segera membaca artikel ini, karena artikel ini akan membeberkan cara cepat menjadi pengusaha sukses, khususnya bagi anda para Ibu Rumah Tangga (IRT).

Ubah mind set-mu

Designed by Freepik

Syarat utama untuk sukses dalam berbisnis adalah selalu memiliki mind set positif. Jika anda memiliki mind set yang selalu positif, anda akan memiliki optimisme dan kepercayaan diri untuk membuat ide-ide bisnis kreatif dan strategi bisnis jitu yang akan menyukseskan bisnis anda.

Masalahnya, kebanyakan orang berpikiran bahwa menjadi IRT menghambat mereka dalam berbisnis. Ini adalah contoh mind set negatif yang harus dihindari.

Mereka berpikiran bahwa menjadi IRT menuntut mereka untuk selalu di rumah, menjadikan mereka tidak update terhadap dunia usaha, dan pada akhirnya menjadi hambatan untuk mengembangkan bisnis.Intinya, banyak dari mereka yang kalah sebelum berperang.

Padahal jika mendapat tantangan berupa keterbatasan-keterbatasan yang ada, jawaban terhadap tantangan tersebut bukanlah dengan “tidak berbisnis”, melainkan “mencari bisnis yang bisa dijalankan sesuai dengan keterbatasan yang anda miliki.”

Jadi, segera perbaiki mind set anda mulai sekarang.

Pilih Jenis Usaha Yang Mendukung Aktivitasmu

Designed by Freepik

Menjadi IRT bukanlah pekerjaan yang mudah. Kita akan dihadapkan dengan pekerjaan rutin, berulang-ulang. Mulai dari menyiapkan sarapan, membangunkan dan memandikan si kecil, sampai dengan memastikan isi kulkas tetap mencukupi.

Itu sebabnya anda sebagai IRT harus cermat dalam memilih jenis usaha. Beberapa contoh usaha yang bisa anda lakukan sebagai IRT adalah membuka warung/toko di rumah, memproduksi pakaian untuk dijual kembali, sampai dengan usaha catering.

Selain itu terdapat bisnis yang tak kalah menguntungkan dan cenderung mudah dilakukan, yakni menjadi reseller.

Hal ini cenderung mudah dilakukan karena anda hanya perlu mengidentifikasi barang yang laris di pasaran, jadikan barang tersebut produk jualan anda, cari supplier yang menawarkan harga murah, lalu jual barang tersebut dengan harga yang lebih tinggi.

Bagi anda yang merasa menjadi reseller membutuhkan banyak modal, ada lagi satu alternatif yang dapat dilakukan yaitu menjadi dropshipper.

Berbisnis Online, Kenapa Tidak?

Designed by Freepik

Anda sulit meninggalkan rumah? Tidak punya banyak waktu untuk menjaga toko dan mengurusi bisnis? Bisnis online adalah solusinya.

Maraknya Toko-toko online di internet, meroketnya jumlah pengguna media sosial seperti instagram, twitter, dan facebook di Indonesia menjadikan bisnis online menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan.

Bagi IRT, Bisnis online memungkinkan anda berbisnis di rumah masing-masing. Bukan tak mungkin anda mendapatkan pelanggan dari Sumatera, Kalimantan, Papua, bahkan jika beruntung anda bisa mendapatkan pelanggan dari negara lain.

Jadi, mulai dari sekarang akrabkan diri anda dengan smartphone dan media sosial. Bukan untuk kepo-in artis ya! Tapi untuk mulai mengakrabkan diri anda dengan atmosfer sesungguhnya dalam bisnis online yang tak kenal batas.

Atur Waktu Dengan Baik

Designed by Freepik

Menjadi IRT sangatlah berat karena banyaknya ‘pekerjaan rumah’ yang harus dilakukan. Karena itu kamu harus mulai belajar mengatur waktumu dengan baik.

Salah satu metode yang sering dilakukan adalah dengan membuat agenda kegiatan setiap hari. Sebagai contoh, kamu bisa membuat list pekerjaan rumah dan pekerjaan terkait bisnismu untuk esok hari.

Dari situ, kamu bisa menentukan alokasi waktu untuk menyelesaikan semua pekerjaanmu. Hal ini juga membantumu untuk mengingat apa saja pekerjaan yang harus kamu lakukan sehingga tidak ada yang terlewat.

Selain itu, kamu bisa belajar cara untuk “curi-curi waktu”. Hal ini sangat pas untuk dilakukan bagi IRT yang berbisnis online. Pastikan sesering mungkin kamu “mencuri waktu” untuk melihat smartphone-mu untuk menindaklanjuti pesanan, atau mencatat pembayaran pelanggan.

Manfaatkan Orang Disekitarmu

Designed by Freepik

Ingat bahwa dalam berbisnis, kamu harus cermat. Yang dimaksud cermat disini juga termasuk cermat dalam mengidentifikasi “tenaga-tenaga” yang mampu membantumu menjalankan bisnis.

Kamu bisa meminta tolong suamimu untuk turut serta memasarkan produk jualanmu. Bukan tidak mungkin jika rekan kerjanya ternyata adalah calon pelanggan setiamu.

Selain itu, kamu juga bisa membuat bisnis kerjasama dengan tetangga-tetangga terdekatmu. Daripada ngerumpi, lebih baik berbisnis saja. Produktif dan menghasilkan, bukan?

Jika menurutmu si kecil sudah dapat diberikan tanggung jawab, tidak ada salahnya kamu meminta bantuan mereka dalam mengelola bisnismu.

Selain meringankan pekerjaanmu, itu juga dapat menempa mereka dan memperkenalkan mereka dengan dunia bisnis.

Kurang lebih itulah insight yang bisa Tebi bagikan dalam artikel ini. Bagi yang ingin terus menggali pengetahuan dan wawasan mengenai keuangan, bisnis, dan ekonomi ikuti terus artikel Tebi, ya! Semoga bermanfaat.

Related Posts

Tinggalkan komentar