3 Website Untuk Belajar Digital Marketing

Designed by Freepik

Ingin belajar digital marketing tapi bingung menemukan tempat belajar yang terpercaya? Tak usah bersedih, cukup baca saja artikel Tebi yang satu ini.

Pada kesempatan ini Tebi ingin berbagi insight mengenai tiga website yang sangat cocok untuk dijadikan tempat belajar digital marketing.

Revorma

Website yang satu ini dibuat oleh Ibrahim Vatih, pendiri Pesantren Sintesa yang berfokus pada pendidikan Al-Qur’an dan Bisnis Online.

Vatih berisi kumpulan informasi mengenai digital marketing yang dikemas dalam bentuk artikel.

Secara umum artikel di vatih dibagi menjadi empat rubrik, yakni digital marketing untuk wordrpess, Search Engine Optimization (SEO), marketing, dan adsense.

Selain itu, website ini juga menyediakan jasa pembuatan Private Blog Network (PBN) dan jasa Search Engine Optimization (SEO).

Terdapat pula Revorma Premium yang menawarkan kelas digital marketing berbayar dengan harga Rp 1.500.000 untuk akses seumur hidup.

Dengan akses Revorma Premium, anggota akan mendapatkan materi digital marketing secara lebih mendalam.

Rangkaian materi sudah disesuaikan sedemikian rupa agar bisa dipelajari oleh orang yang buta bisnis online sekalipun.

Anggota juga akan mendapatkan bonus berupa kontak pemberi jasa domain & hosting, penulis (copywriting) yang bagus dan terpercaya.

Secara umum, website ini sangat sistematis dan lengkap untuk bahan belajar pemula maupun orang yang sudah memiliki pengalaman dalam digital marketing.

Panduanim

Panduanim juga merupakan website untuk belajar digital marketing yang menawarkan pengalaman belajar berbeda.

Dalam website ini terdapat menu “panduan” yang berisi delapan bahan bacaan yang wajib dibaca pemula digital marketing.

Ada pula menu “blog” yang berisi artikel-artikel mengenai digital marketing yang berjumlah tidak kurang dari 50 buah artikel.

Namun sayangnya artikel-artikel tersebut sudah tidak update karena artikel terakhir ditulis pada tanggal 25 Juni 2016 dan tidak ada pembagian rubrik sehingga kita harus melakukan scrolling untuk menemukan artikel yang kita mau.

Meski begitu, artikel-artikel yang disajikan memiliki insight yang sangat besar dan dikemas dalam pembahasaan yang menarik sehingga tetap worth it untuk dibaca.

Terakhir ada menu “newsletter”. Untuk dapat mengakses menu ini, ada beberapa langkah yang harus kita lakukan.

Yang pertama kita harus subscribe (langganan) via email dengan mengikuti petunjuk yang tersedia. Selanjutnya kita diminta untuk mem-follow twitter dan facebook Panduan_IM.

Setelah semua hal tersebut dilakukan, Panduan_IM akan selalu mengirimkan update mengenai digital marketing ke email kita secara gratis.

Ahrefs

Ahrefs sebenarnya merupakan sebuah website yang menawarkan database dan analytics tool secara berbayar.

Namun, website ini juga memiliki menu blog yang berisi insight mengenai digital marketing dalam bentuk artikel.

Menu Blog sendiri terdiri dari 200-an artikel mengenai digital marketing dengan topik yang sangat beragam, mulai dari SEO, link building, sampai dengan ilustrasi lewat studi kasus.

Meski tidak ada pembagian rubrik artikel dalam blog, namun tiap post memiliki tag berisi topik yang bisa diklik dan akan langsung mengantarkan kita kepada kumpulan artikel dengan topik serupa.

Terlebih lagi, posting artikel yang dilakukan oleh ahrefs tergolong sangat rutin karena  update artikel dilakukan setidaknya dua kali seminggu.

Itulah insight yang bisa Tebi bagikan kali ini. Bagi yang ingin terus menambah pengetahuan dan wawasan terkait ekonomi, keuangan, akuntansi, dan bisnis ikuti terus artikel Tebi ini ya! Semoga bermanfaat.

Related Posts

Tinggalkan komentar